Mekar Jaya

Thursday, March 31, 2011 di 7:41 PM
Nama Desa :
Mekar Jaya ”bahasa Lubai : Duson Mekar Jaye” .
Desa Mekar Jaya Persada adalah salah satu desa dalam wilayah kecamatan Lubai, kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Jumlah penduduknya : 1.264 jiwa terdiri dari : laki-laki 607 jiwa dan perempuan  657 jiwa. Dengan mata pencaharian penduduk mayoritas petani Karet.
 
Makna nama desa :
  1. Penulis memberikan makna nama desa ini sebagai berikut : Mekar Jaya dimaksudkan oleh nenek moyang, para tokoh yang mendirikannya adalah sebuah Desa di Lubai yang dihuni oleh penduduknya yang laksana bunga sedang mekar nan indah dipandang mata, jaya selalu kehidupan masyarakatnya. Dengar maksud kata Mekar untuk mengingatkan pada generasi selanjut bahwa ini merupakan hasil dari pemekaran desa di Kecamatan Lubai. Pe·me·kar·an adalah proses, cara, perbuatan menjadikan bertambah besar.
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai berikut : Me·kar  yaitu (mulai) berkembang; menjadi terbuka; mengurai: mawar itu -- disinari matahari pagi; mayang, menjadi besar dan gembung; menjadi banyak: adonan roti ini telah, menjadi bertambah luas (besar, ramai, bagus, dsb): jalan sudah makin besar, kota juga tambah, mulai timbul dan berkembang: di hatinya mulai -- perasaan cinta; dan Ja·ya yaitu selalu berhasil; sukses; hebat; - ber·ja·ya v berhasil; beruntung; menang; mencapai kemegahan (kebesaran): pulang dng tiada ~; ke·ber·ja·ya·an n perihal berjaya: kesejahteraan anak masa kini merupakan penentu ~ bangsa di kemudian hari; men·ja·ya·kan v menyebabkan jaya (berbahagia, berhasil, dsb); ke·ja·ya·an n 1 kemegahan; kebesaran; kemasyhuran; 2 keadaan yg mapan dan menguntungkan (baik dl segi materi maupun jiwa).


Blogged with the Flock Browser

0 komentar

KAJIAN SANAK | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | Thanks to Blogger Templates | XML Coded By Cahayabiru.com