Kurungan Jiwa

Thursday, March 31, 2011 di 7:33 PM
Nama Desa :

Kurungan Jiwa dalam “bahasa Lubai : Duson Kurungan Jiwe”.

Desa Kurungan Jiwa adalah salah satu desa dalam wilayah kecamatan Lubai, kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Jumlah penduduknya : 0.000 jiwa terdiri dari : laki-laki 0.000 jiwa dan perempuan 0.000 jiwa, dengan mata pencaharian penduduk mayoritas petani Karet, dan beragama islam.

Makna nama desa :

  • Penulis memberikan makna nama desa ini sebagai berikut : Kurungan Jiwa dimaksudkan oleh nenek moyang yang mendirikannya adalah agar Desa di Lubai yang satu ini, mempunyai kekuatan bela diri yang tinggi atau dapat melindungi Jiwa. Ini dapat dibuktikan bahwa masyarakat Kurungan Jiwa banyak yang mempunyai cerita atau legenda bahwa nenek moyangnya merupakan orang-orang yang sakti atau digdaya, mempunyai kekuatan bela diri yang mempuni dapat menunduk binatang buas seperti Harimau dan Ular. Dilampung terdapat nama desa yang mirip dengan nama Desa Kurungan Jiwa, yaitu Desa Kurungan Nyawa terletak di Kota Bandar Lampung.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai berikut : Ku·rung·an yaitu tempat untuk mengurung; sangkar; kandang burung, penjara: ia meringkuk dl ~ selama 12 tahun, ruang yang diberi berdinding; bilik (di perahu), wadah pemiaraan ikan yang biasanya diletakkan di sungai (danau dsb) dan Ji·wa yaitu roh manusia (yg ada di dl tubuh dan menyebabkan seseorang hidup), seluruh kehidupan batin manusia (yg terjadi dr perasaan, pikiran, angan-angan, dsb), sesuatu atau orang yg utama dan menjadi sumber tenaga dan semangat: beliau dipandang sbg -- pergerakan rakyat, isi (maksud) yg sebenarnya; arti (maksud) yg tersirat (dl perkataan, perjanjian, dsb), buah hati; kekasih, orang (dl perhitungan penduduk): penduduk Jakarta telah melebihi 10 juta
Keterangan :

Desa Kurungan Jiwa digabung dengan desa Baru Lubai dengan Jiwa Baru, jumlah penduduk : 1.747 Jiwa terdiri dari laki-laki 836 jiwa dan perempuan 911 jiwa.

Blogged with the Flock Browser

0 komentar

KAJIAN SANAK | Powered by Blogger | Entries (RSS) | Comments (RSS) | Designed by MB Web Design | Thanks to Blogger Templates | XML Coded By Cahayabiru.com